Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Program Sarjana & Diploma-III Politeknik

Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Program Sarjana 2011
http://www.dikti.go.id/

Written by Wahyu Ibrahim Friday, 04 March 2011 16:24
Pemilihan Mahasiswa Berprestasi yang berlangsung sejak tahun 2004 telah memberikan dampak positif pada budaya menghargai karya prestasi mahasiswa di kalangan perguruan tinggi. Pada perkembangannya penyelenggaraan pemilihan Mahasiswa Berprestasi mengalami perubahan yang positif. Dalam rangka mengadopsi beberapa masukan dari berbagai pihak, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (semula Direktorat Akademik) senantiasa tanggap untuk memperbaiki pedoman pemilihan ini. Perbaikan yang utama adalah pada pemilihan tema dan pemilahan program Diploma-3 pada politeknik menjadi pemilihan mahasiswa yang terpisah dari program sarjana. Perbedanaan penyelenggaraan terletak pada fokus dalam penyajian karya ilmiah. Hal ini penting dilakukan agar ajang ini dapat dijadikan media mahasiswa untuk berkontribusi dalam memunculkan pemikiran yang kreatif dan inovatif sesuai dengan jenjang pendidikannya. Sejalan dengan program pemerintah dalam pendidikan karakter maka tema tahun ini yaitu “Mahasiswa Indonesia Cerdas dan Berkarakter “.

Keberlangsungan pemilihan Mahasiswa Berprestasi ini masih perlu dipertahankan dalam rangka memberikan motivasi berprestasi di kalangan mahasiswa dan menciptakan iklim akademik yang kondusif. Selain itu, diharapkan proses pemilihan ini dapat diadopsi menjadi sebuah sistem dalam manajemen perguruan tinggi.
Buku pedoman ini merupakan acuan bagi penyelenggara pemilihan mahasiswa berprestasi baik di tingkat perguruan tinggi, kopertis maupun di tingkat nasional.

Informasi lebih lanjut, silahkan klik laman dibawah ini :
Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Program Sarjana
http://www.dikti.go.id/dmdocuments/belmawa/2011/onmipa%202011/mahasiswa%20berprestasi%20program%20S-1.pdf

>>>
Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Program Diploma-III Politeknik 2011
http://www.dikti.go.id/

Written by Wahyu Ibrahim Friday, 04 March 2011 16:39
Pemilihan Mahasiswa Berprestasi yang berlangsung sejak tahun 2004 telah memberikan dampak positif pada budaya menghargai karya prestasi mahasiswa di kalangan politeknik. Namun, selama ini belum ada pemilihan khusus di kalangan Politeknik terutama untuk Program Diploma-III. Kenyataannya, mahasiswa program Diploma-III telah banyak yang mampu menunjukkan kinerja ilmiah melalui berbagai produk/model/ konsep. Untuk itu, Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (dahulu Direktorat Akademik) pada tahun 2011 memberikan kesempatan kepada Politeknik untuk memilih mahasiswa terbaiknya dalam rangka pemilihan mahasiswa berprestasi program Diploma-III.

Sejalan dengan program pemerintah untuk menggaungkan program pendidikan karakter, maka tema tahun ini yaitu:
” Mahasiswa Indonesia Cerdas dan Berkarakter”
Diharapkan dengan diselenggarakannya proses pemilihan mahasiswa
berprestasi Program Diploma-III ini dapat diadopsi menjadi sebuah sistem dalam manajemen politeknik, sehingga tumbuh budaya prestasi yang diperhitungkan dan dihargai, serta bermakna bagi masyarakat.
Berbeda dengan pemilihan mahasiswa program sarjana, pemilihan mahasiswa berprestasi di kalangan politeknik tidak melalui pemilihan di tingkat kopertis bagi politeknik yang diselenggarakan oleh masyarakat. Sehubungan dengan itu, buku pedoman ini merupakan acuan bagi penyelenggara pemilihan mahasiswa berprestasi baik di tingkat politeknik maupun di tingkat nasional.

Informasi lebih lanjut, silahkan klik link dibawah ini :
Pedoman Pemilihan Mahasiswa Berprestasi Program Diploma-III Politeknik
http://www.dikti.go.id/dmdocuments/belmawa/2011/onmipa%202011/mahasiswa%20berprestasi%20program%20D-III%20Politeknik.pdf

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: