Mahasiswa Kupu-Kupu dan Aktivis

SEBUTAN mahasiswa ada dua macam, mahasiswa yang sehari-hari kuliah pulang-kuliah kuliah-pulang (kupu-kupu) dan mahasiswa aktivis. Kedua macam mahasiswa itu punya orientasi berbeda selama menjadi mahasiswa. Tidak dimungkiri, orientasi yang berbeda pun menghasilkan output yang berbeda pula.

Mahasiswa kupu-kupu dalam sehari-hari berkutat pada persolan perkuliahan belaka. Mereka tertutup dari dunia luar (organisasi). Kesibukan mereka hanya terbatas pada pelajaran, kuliah, dan kos-kosan. Sedangkan berinteraksi dengan dunia lain, tampak kurang begitu diminati.

Kesibukan yang dipilih mahasiswa kupu-kupu sah-sah saja, tidak ada yang melarang. Sebab, itu adalah pilihan mereka sendiri. Barangkali, orientasi seperti itu hanya untuk mengejar status dan lembaran ijazah. Sedangkan untuk kebutuhan lain, seperti organisasi, sangat tidak menarik di mata mereka.

Pilihan menjadi mahasiswa kupu-kupu tidak selamanya negatif. Waktu luang banyak yang mereka miliki sebenarnya sangat bermanfaat jika digunakan untuk hal-hal yang baik. Mereka bisa belajar materi kuliah dengan waktu yang lebih dikarenakan tidak memiliki kesibukan lain. Hal ini berbeda dengan mahasiswa aktivis, yang lebih banyak sibuk dengan organisasi. Sehingga jika dikalkulasi, kelonggaran waktu mahasiswa kupu-kupu dengan aktivis jelas tidak sepadan.

Namun, realitanya, mahasiswa kupu-kupu justru tidak cakap dalam mengelola waktu. Banyak waktu mereka menganggur sia-sia. Seperti nonton televisi, bermain game, jalan-jalan, jagongan, merokok, dan sederet kegiatan tanpa ada manfaat lainnya. Padahal, kalau mereka pandai mengelola waktu, banyak sekali manfaat yang didapat. Setidaknya waktu luang yang cukup banyak itu dapat dimanfaatkan untuk membaca buku, menulis, atau diskusi dengan teman-teman. Dengan begitu mereka akan mendapat tambahan wawasan lebih.

Waktu luang yang tidak bermanfaat tersebut jelas akan menjadi bumerang bagi mereka sendiri. Mahasiswa kupu-kupu mendapat pelajaran dari perkuliahan saja, mereka tidak tahu dunia luar  selain kuliah. Ironisnya, pelajaran yang diperoleh skalanya tidak seberapa. Mereka hanya tahu nama mata kuliah, teman, dan dosen yang mengajar. Sedangkan untuk penguasaan materi belum bisa diandalkan.

Berbeda dengan mahasiwa aktivis. Mereka yang masuk ke dalam aktivis pers mahasiswa (Persma), misalnya, akan mendapat ilmu yang tidak didapat dari kuliah. Kesibukan mereka tidak hanya kuliah, namun jauh lebih luas. Ilmu kepemimpinan, kurikulum organisasi, seni mengatur orang lain, jaringan luas, banyak teman, wawasan luas, dan sebagainya merupakan buah dari ikut serta dalam organisasi.

Orientasi para aktivis bukan semata-mata mencari nilai dan lembaran ijazah belaka, namun lebih dari itu. Mereka menganggap, kesempatan menjadi mahasiwa adalah kesempatan untuk menjelajahi dunia. Sehingga bila kuliah hanya disibukkan dengan dunia perkuliahan saja, sungguh sangat merugikan.

Dari deskripsi di atas, perbedaan dari kedua macam mahasiswa tersebut terletak pada segi orientasinya. Tergantung bagaimana niat seseorang ketika masuk perguruan tinggi.

M Abdurrahman
Aktivis IKSAB cabang IAIN Walisongo Semarang(//rfa)
Sumber : Okezone.com

Satu Tanggapan

  1. NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://entrydatabase.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: