Seminar Nasional dan Workshop Entrepreneurship

LATAR BELAKANG KEGIATAN

Kewirausahaan, dalam konteks apapun selalu berdampingan erat dengan karakter entrepreneurship. Pengembangan usaha yang mandiri membutuhkan jiwa dan semangat entrepreneurship yang juga mumpuni. Entrepreneurship adalah sebuah karakter kombinatif yang merupakan fusi antara sikap kompetitif, visioner, kejujuran, pelayanan, pemberdayaan, pantang menyerah, dan kemandirian. Karakter ini bersatu dan menjadi kebutuhan langsung dalam proses wirausaha. Secara sederhana, entrepreneurship memiliki ciri-ciri swadaya usaha serta mengandung komponen manajemen pemasaran, produksi, dan finansial. Kewirausahaan atau “entrepreneurship”, sering diartikan sebagai “the backbone of economy”, atau syaraf pusat perekonomian atau pengendali perekonomian suatu bangsa. Hal ini karena fakta menunjukkan bahwa sebagian besar pendorong perubahan, inovasi dan kemajuan suatu negara adalah para wirausahawan.

Seorang entrepreneur / wirausahawan yang memiliki potensi sukses adalah mereka yang mengerti kegunaan pendidikan untuk menunjang kegiatan serta mau belajar untuk meningkatkan pengetahuan. Lingkungan pendidikan dimanfaatkan oleh entrepreneur sebagai sarana mencapai tujuan. Adapun pendidikan disini berarti pemahaman suatu masalah yang dilihat dari sudut keilmuan atau teori sebagai landasan berpikir. Sebagai generasi bangsa, mahasiswa dituntut untuk memperkaya pengetahuan tentang dunia wirausaha untuk ikut serta menumbuhkankembangkan dunia wirausaha khususnya di Indonesia.

Selain itu sebagai bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Pengabdian pada masyarakat ini sebenanya bukan hanya terbatas pada mahasiswa dengan masyarakat tetapi juga lingkungan sekitar secara luas, merupakan bagian dari pengabdian kita sebagai mahasiswa. Peran mahasiswa dapat menjadi nilai plus apabila dia mampu menciptakan sebuah inovasi terbaru sesuai dengan keilmuannya untuk memberikan kontribusi nyata dalam krisis ekologi ini. Permasalahan ekologi yang paling besar dan mendapatkan perhatian dunia adalah masalah global warming. Krisis ekologi ini ternyata mengancam kehidupan kita di muka bumi ini. Perlahan-lahan tapi pasti air laut terus meningkat, hutan-hutan terus berkurang, dan suhu bumi yang tidak menentu. Real action untuk mengatasi hal ini mutlak diperlukan, berbagai macam disiplin ilmu pun memikirkan solusinya, karena permasalahan ini berdampak kepada semua sektor.

Mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam pembangunan bangsa, salah satunya dengan berwirausaha dan ikut serta dalam menjaga kelestarian lingkungan, maka melalui organisasi profesi Perhimpunan Organisasi Profesi Mahasiswa Sosial Ekonomi Pertanian Indonesia (POPMASEPI) inilah berbagai mahasiswa dari berbagai instansi/perguruan tinggi bersama-sama menyelaraskan langkah demi membangun Indonesia yang cinta lingkungan dan Indonesia yang mendunia dengan kewirausahaannya.

NAMA KEGIATAN

Seminar Nasional dan Workshop Entrepreneurship

TEMA KEGIATAN

“ Menciptakan Generasi Bangsa Berjiwa Wirausaha Berbasis Lingkungan “

TUJUAN KEGIATAN

            Acara ini dilaksanakan untuk :

  1. Melatih dan Menanamkan jiwa enterpreneur bagi mahasiswa
  2. Memberikan wawasan keprofesian bagi mahasiswa Agribisnis & Sosial Ekonomi Pertanian agar turut serta dalam menjaga lingkungan dari ancaman global warming
  3. Menjalin silaturrahmi yang baik antar institusi anggota DPW IV POPMASEPI, dengan seluruh anggota POPMASEPI, MPA, dan alumni POPMASEPI.
  4. Mengenalkan potensi lokal daerah Madura

 

BENTUK KEGIATAN

  1. Seminar Nasional

Diselenggarakan selama 1 hari pada tanggal 20 Juni 2011 bertempat di Auditorium Universitas Trunojoyo Madura. Tema Seminar Nasional, yaitu “ Menciptakan Generasi Bangsa Berjiwa Wirausaha Berbasis Lingkungan “ dengan pembicara sebagai berikut :

  1. Direktur Akademik dan Kemahasiswaan Dirjen DIKTI
  2. Perbankan
  3. Perguruan Tinggi yang telah mengembangkan pendidikan kewirausahaan
  4. Pengusaha agribisnis
  1. Workshop Entrepreneurship

Diselenggarakan pada tanggal 21 Juni 2011 berupa pelatihan entrepreneurship  yang diisi oleh trainer.

  1. Penanaman Pohon

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 22 Juni 2011 yang merupakan bentuk implementasi kepedulian terhadap lingkungan hidup.

  1. Fieldtrip

Diselenggarakan pada tanggal 22 Juni  2011 dengan tujuan menambah keakraban dan memperkenalkan wilayah Madura khususnya daerah Bangkalan. Adapun lokasi yang akan dikunjung adalah:

  1. Museum kota Bangkalan
  2. Wisata Ratoh Ebuh
  3. Jembatan Suramadu
  4. Wisata oleh-oleh khas Madura

PANITIA PELAKSANA

SEMINAR NASIONAL DAN WORKSHOP ENTREPRENEURSHIP

HIMPUNAN MAHASISWA AGRIBISNIS (HIMAGRI) UNIVERSITAS TRUNOJOYO MADURA

CP. 0818513537 (TEJE)   085645993313 (To2k) 087812251100 (Sugi)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: