Apa Saja Syarat Melamar Beasiswa ADS?

Ilustrasi : ist.

Ilustrasi : ist.

JAKARTA – Berikut kabar gembira bagi kamu peminat kuliah di luar negeri melalui program beasiswa. Pasalnya, pemerintah Australia melalui Aus AID menyediakan beasiswa Australian Development Scholarship (ADS) untuk program studi S-2 dan S-3.

Beasiswa ini terbuka bagi sektor pemerintah maupun swasta. Prioritas diberikan untuk bidang studi yang menunjang tujuan peningkatan kemampuan sumber daya manusia Indonesia dan pembangunan yang akan mendukung pertumbuhan berkelanjutan, dan manajemen ekonomi; investasi untuk pembanguan manusia; demokrasi, keadilan, dan pemerintahan yang baik; serta keamanan dan perdamaian.

Persyaratan yang harus kamu perhatikan, yaitu batas usia maksimal 42 tahun dan melamar untuk program studi yang termasuk dalam salah satu dari empat bidang prioritas pembangunan. Kamu juga harus memiliki IPK minimal 2,9 dan nilai IELTS 5,0; dengan catatan, nilai TOEFL Institutional/paper based minimal 500 atau TOEFL internet based minimal 39. Jika kamu berminat melanjutkan ke jenjang S-2, maka kamu harus sudah menyelesaikan program S-1; dan lulus S-2 untuk mendaftar program doktor (S-3).

Perhatikan juga kelengkapan dokumen dalam proses pendaftaran program beasiswa tersebut. Dalam berkas lamaranmu, jangan lupa lampirkan:

1. Fotokopi akta kelahiran
2. Fotokopi Paspor/KTP/kartu identitas nasional
3. Daftar ijazah dan transkrip S-1/S-2 yang telah dilegalisasi
4. Fotokopi ijazah dan transkrip yang telah dilegalisasi
5. Hasil IELTS atau TOEFL asli yang diambil paling lama tahun 2009 atau 2010
6. Referensi akademik dari pembimbing S-2 bagi pelamar program S-3
7. Proposal penelitian bagi pelamar S-2 (Full Research) dan pelamar S-3

Setelah semua dokumen yang dibutuhkan siap, kamu harus melengkapi formulir pendaftaran ADS tahun akademik 2011/2012. Kemudian, kirimkan tiga rangkap formulir aplikasi serta dokumen tersebut ke kantor ADS, Gedung Wira Usaha lantai 7, Jl. H R Rasuna Said kav. C-5 Kuningan, Jakarta Selatan 12940.

Batas akhir penyerahan formulir pendaftaran hingga 26 Agustus mendatang. Pemberitahuan hasil seleksi akan dikirimkan langsung oleh ADS melalui surat kepada seluruh pelamar.

Informasi lengkap dapat menghubungi nomor telepon kantor ADS 021-527 7648 atau melalui situs http://www.adsindonesia.or.id.(rhs)

Sumber : Okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: