MALAM NANTI ASTEROID BESAR, MELINTAS MENDEKATI BUMI

NASA – MALAM NANTI ASTEROID BESAR, MELINTAS MENDEKATI BUMI : Sekeping batuan angkasa berukuran setengah panjang lapangan sepak bola akan melintas dekat sekali dengan bumi pada Senin, 27 Juni 2011, pukul 20.30 WIB. Saking dekatnya, asteroid ini bisa terlihat dengan mata telanjang dari beberapa wilayah di bumi.

“Kami yakin asteroid 2011 MD ini tak akan menabrak bumi. Andai batu ini masuk ke dalam atmosfer, seluruhnya akan terbakar,” ujar ahli asteroid Inggris, Emily Baldwin. Sementara itu menurut Tony Flanders dari Sky and Telescope, Butuh teleskop untuk melihat asteroid ini.

Keping batuan yang mendekati bumi itu adalah asteroid 2011 MD yang berukuran mencapai 45 meter. Astronom memperkirakan asteroid ini akan melintas hingga sedekat satu kali diameter bumi.

Penemuan asteroid ini dilakukan oleh teleskop robotik di New Mexico, Amerika Serikat. Selanjutnya, Peter Birthwhistle, pemburu asteroid dari observatorium pribadinya di Great Shefford, Berkshire, Inggris, yang mengkonfirmasi kedatangan asteroid ini.

Pada saat terdekatnya, asteroid berada di atas langit siang Antartika sejauh 12.800 kilometer. Sayangnya, daerah yang dilintasi asteroid ini cenderung tak berpenghuni sehingga tak ada manusia yang menjadi saksi mata.

Beberapa jam setelah mendekat, asteroid akan melintas di atas Amerika, Samudera Pasifik, dan Asia Timur. Semakin ke timur, pemandangan asteroid akan semakin jelas. Dua wilayah terbaik untuk mengamati asteroid ini adalah Australia dan Selandia Baru, yaitu setengah jam sebelum asteroid mencapai jarak terdekat. (KF-Koran Warga/Ishoot Shootya/v/jurnalpatrolinews.com)

sumber : Koran Fesbuk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: