Pede Kunci Mahasiswa Melangkah ke Dunia Global

DEPOK – Sejak duduk di bangku kuliah, mahasiswa harus mempersiapkan segala hal yang berhubungan dengan dunia kerja. Tujuannya agar menjadi pekerja yang siap pakai, intelektual, dan kompetitif dengan para pekerja asing.

“Kepercayaan diri  (Pede) menjadi suatu modal utama untuk bersaing di dunia internasional. Ada berbagai pembekalan yang harus dimiliki mahasiswa, seperti energi dan antusiasme yang harus didukung dengan penampilan yang prima,” kata Senior Brand Manager Rexona, Satria Utama mengatakan, di hadapan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI) dalam acara bertema A Step to Global Confidence, di  FE UI, Depok, Selasa (12/07/11).

Career Coach Rene Suhardono mengatakan, para pekerja Indonesia lulusan universitas, terbukti belum siap menghadapi persaingan global. Terlihat dengan tingkat penyerapan lowongan kerja di bawah sepuluh persen pada 2010.

“Mereka kurang dalam tiga hal, yakni kepercayaan diri, daya pikir beragam, dan kemampuan berkomunikasi. Padahal secara konten, masing-masing mereka sudah sangat baik. Karier itu butuh passion,” jelas Rene.

Hal yang sama juga dituturkan Psikolog, Ratih Ibrahim. Menurutnya, persaingan terbesar bagi generasi muda masa kini adalah persaingan global. “Untuk mencapai kesuksesan, diperlukan sejumlah modal, yakni kepercayaan diri, mimpi, gairah, dan sikap. Sering kali kita dengar mahasiswa juga harus melengkapi diri dengan 3B, brain, beauty, dan behavior,” tandas Ratih.
(rhs)

Sumber : Marieska Harya Virdhani – Okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: