5.000 Siswa Berhak Beasiswa

Foto: Ilustrasi

Foto: Ilustrasi
BOGOR – Pusat Investasi Pemerintah (PIP) mengungkapkan Kementerian pendidikan Nasional (Kemendiknas) masih mempunyai dana ‘titipan’ sebesar Rp1 triliun. Dengan dana tersebut, maka tak kurang dari 5.000 siswa bisa mendapatkan beasiswa.

Kepala PIP Soritaon Siregar, dana sebesar Rp1 triliun tersebut tidak tercatat dalam neraca PIP karena dana tersebut hanya dialokasikan untuk membiayai Badan Layanan Umum (BLU) Pendidikan.

“Dana itu mustinya dikelola oleh suatu BLU namanya Pendidikan, pengambil kebijakannya Komite Pendidikan Nasional. Komite ini yang tetapkan kemana dana ini digunakan, dan sebagainya. Sampai sekarang komite itu belum juga terbentuk,” tutur duia ddi The Village Resost, Bogor, akhir pekan kemarin.

Dia menuturkan, BLU Pendidikan berfungsi untuk menyalurkan uang yang telah dititipkan kepada yang dirasa membutuhkan. “Memastikan bahwa uang itu dipakai untuk pendidikan,” paparnya.

Lebih jauh, dia menuturkan dana sebesar Rp1 triliun yang berasal dari pemerintah ini hanya sebagai dana abadi dan disimpan dalam bentuk deposito dengan bunga tujuh persen atau sekitar Rp70 miliar.

“Uang ini hanya dititipkan sampai terbentuknya BLU pendidikan untuk kelola itu makanya tidak masuk neraca kita. Bayangkan itu (bunganya) untuk memberikan beasiswa misal 350 siswa saja, bisa Rp200 juta per orang,” ujarnya.

Berdasarkan data PIP, total dana investasi kelolaan 2011 yang berasal dari APBN mencapai Rp13,93 triliun. Namun angka tersebut tidak termasuk dana pengembangan pendidikan nasional sebesar Rp1 triliun.(fmh)

Sumber : Martin Bagya Kertiyasa – Okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: