Yuk, Ikut Lomba Mendesain Batik!

Ilustrasi : ist.

Ilustrasi : ist.
JAKARTA – Siapa tidak kenal batik? Warisan budaya yang merupakan ciri khas bangsa Indonesia kini mulai digemari berbagai kalangan, termasuk para generasi muda. Mereka kini ikut ambil bagian dalam upaya menjaga kelestarian budaya Nusantara.
Oleh karena itu, Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung mengadakan lomba desain motif batik bagi kawula muda, khususnya mahasiswa. Dengan tema Batik Nusantara Warisan Budaya Indonesia untuk Dunia, para peserta diajak untuk memunculkan ide kreatif dari mahasiswa dalam merancang motif batik agar batik semakin diterima di kalangan generasi muda.Lomba ini berlaku bagi mereka yang masih aktif terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tingginya. Penting untuk diingat, desain motif batik adalah batik tulis dan harus menggunakan malam/lilin. Hasil karya tersebut harus orisinil, bukan jiplakan dari desain batik lain yang pernah diikut sertakan dalam lomba atau dipublikasikan.

Kamu dapat mengirimkan dua buah desain batik yang harus disertakan dengan penjelasan peruntukannya. Apakah untuk karya busana atau desain interior. Kamu juga harus menyertakan deskripsi singkat terkait judul karya, sumber ide dan latar belakang, serta bahan pewarna dan proses pembuatannya.

Jika berminat, kamu harus mengisi formulir pendaftaran keikutsertaan yang dapat diunduh pada laman dikti.kemdiknas.go.id atau www.indonesia.worldbatiksummit.com. Kemudian, formulir tersebut dikirim melalui alamat email, batik.belmawa@dikti.go.id paling lambat 1 Agustus 2011.

Tidak perlu khawatir, sebab hadiah yang ditawarkan juga cukup menggiurkan bagi kantong mahasiswa.

Kriteria penilaian terdiri dari, motif, komposisi warna, kreativitas yang mencakup proses pembuatan dan pewarnaan, serta keharmonisan antara judul, sumber ide, dan motif.

Tertarik untuk berpartisipasi? Informasi lengkap dapat kamu peroleh dengan membuka situs www.unpad.ac.id atau menghubungi Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di nomor telepon 021-57946073. Kamu dapat pula mendatangi langsung kantornya di Gedung D lantai 7, Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas), Senayan, Jakarta. Serta mengirimkan pertanyaan melalui email batik.belmawa@dikti.go.id.
(rhs)

Sumber : Margaret Puspitarini – Okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: