Penjual Tapi Tidak Bisa Berjualan, Apa Solusinya?

ANDA mungkin pernah datang dalam suatu pameran dan melihat sendiri di mana para SPG atau tim penjualnya malah sibuk sendiri, ada yang ngobrol, ada yang sibuk bertelepon,SMS-an atau FB-an.

Bahkan tidak sedikit dari mereka yang berani tidur-tiduran, malas-malasan saat jam kerja. Bagaimana perasaan Anda sebagai calon pembeli jika melihat penjual seperti itu? Kecewa? Jengkel? Bagaimana pula perasaan Anda jika Anda sebagai pemilik bisnisnya? Tentu akan sangat jauh lebih kecewa.

Namun ini faktanya, tidak sedikit penjual, tetapi tidak bisa berjualan dan tidak produktif (bahkan bisa termasuk kategori: tidak layak menjadi seorang penjual). Atau Anda pernah melihat seorang penjual, tetapi mudah menyerah ketika ada calon konsumen tidak cocok atau tidak mau membeli, terlihat wajah kecewa yang mendalam dari si penjual dan akhirnya jadi turun semangatnya hingga lama kelamaan penjualannya pun terus turun.

Rupanya kejadian tersebut bisa terjadi baik di perusahaan kecil atau di perusahaan yang besar sekalipun. Pertanyaannya, mengapa ada seorang penjual, tetapi tidak bisa berjualan? Atau bahkan tidak layak untuk berjualan? Yang lebih penting, bagaimana solusinya? Salah satu solusinya adalah dari sistem perekrutannya.

Jika sistem perekrutannya salah atau tidak dengan konsep atau sistem yang tepat,biasanya juga akan menghasilkan penjual-penjual yang tidak tepat, tidak bisa menjual (dengan optimal). Apakah Anda masih ingat, ada suatu perusahaan ternama di Jepang yang melakukan perekrutan karyawan dengan cara yang sangat berbeda dan efektif?

Perusahaan tersebut membuat lowongan pekerjaan untuk mencari karyawankaryawan atau tenaga penjual yang andal. Memang, ketika lowongan pekerjaan diinformasikan ke publik, langsung mendapat banyak respons: banyak orang ingin melamar.

Namun ternyata ada pemberitahuan bahwa wawancara akan dilakukan di puncak Gunung Fujiyama, ya benar, di puncak gunung di Jepang dan diinformasikan pula bahwa wawancara akan dilakukan jam 6 pagi! Bisa Anda bayangkan, kira-kira berapa orang yang akan sanggup? Memang, akhirnya yang bersedia dan sanggup datang hanya sedikit.

Dan di hari wawancara pun hanya sedikit orang yang benar-benar berkomitmen datang dan ikut dalam tes wawancara. Dalam perjalanan ke puncak gunung, ada pelamar yang basah kuyup karena tidak membekali diri dengan mantel atau jas hujan, ada yang napasnya terengah-engah sehingga membutuhkan bantuan pernapasan.

Ada yang kedinginan dan menggigil dan banyak hal lain yang dialami para pelamar. Ternyata dalam perjalanan ke puncak gunung tersebut sudah bisa terlihat antara lain komitmen, dedikasi, ketangguhan, daya juang, dan pentingnya persiapan yang matang dari para calon karyawan/penjual.

Memang, akhirnya yang terpilih adalah orang-orang yang sudah mempersiapkan diri dengan matang, termasuk antisipasi hujan, mereka sudah membawa jas hujan, dan mereka sudah membekali diri dengan olahraga sebelumnya untuk menjaga stamina meskipun kondisi cuaca yang tidak memungkinkan.

Ini penting karena dalam dunia kerja yang nyata mereka bisa menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan, tetapi mereka sudah terbiasa untuk antisipasi atau persiapan yang matang. Ada beberapa poin penting yang bisa kita pelajari bersama dalam menyeleksi/merekrut tim penjualan yang lebih andal.

Pertama, sebenarnya kita sudah bisa mulai mengetahui karakter, kesungguhan, keuletan, dan ketangguhan seseorang karyawan/penjual sejak saat pertama perekrutannya. Oleh karena itu, pastikan kita memiliki cara rekrutmen yang solid dan efektif.

Kedua, sangat penting untuk senantiasa membuat metode perencanaan yang matang dalam perekrutan para karyawan/ tim penjual Anda. Jangan sampai suatu perusahaan yang sebenarnya sudah membuat perencanaan target pemasaran yang sangat bagus, tetapi tidak didukung dengan SDM yang andal. Maka buatlah sekarang juga jika Anda belum memiliki metode atau sistemnya.

Ketiga,kita bisa belajar dari ide perekrutan perusahaan di Jepang tersebut dan silakan sesuaikan/modifikasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan Anda. Sekali lagi, pastikan dari awal,Anda sudah memiliki tim yang mampu mendukung tercapainya goal pemasaran ataupun perusahaan Anda secara umum.

Dan dengan senang hati dari TDW masih ingin memberikan kesempatan kepada Anda untuk memenangi: GRATIS !!! 50 Tiket Seminar Financial Revolution di berbagai kota di Indonesia.Untuk Anda, teman, keluarga, tim, partner Anda.

TUNG DESEM WARINGIN Pelatih Sukses No. 1 Indonesia
(Koran SI/Koran SI/and)

Sumber : Okezone.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: